Berita Pendidikan - LIMA CARA MEWUJUDKAN METODE MENGAJAR KREATIF MENURUT PRAKTISI PENDIDIKAN - Bukan Hoax

Assalamualaikum Warrahmatulllahi Wabbarakatuh Selamat Pagi Bukan Hoax - Seiring perkembangan waktu, dunia pendidikan pun terus mengalami pe...

Assalamualaikum Warrahmatulllahi Wabbarakatuh

Selamat Pagi

Bukan Hoax - Seiring perkembangan waktu, dunia pendidikan pun terus mengalami perubahan. Guru tidak bisa lagi menerapkan metode mengajar yang sama pada siswa berbeda generasi. Karenanya, guru dituntut harus selalu meningkatkan kemampuan diri maupun cara mengajar dengan lebih kreatif.

Menurut praktisi pendidikan Sigit Setiawan, S.S, M.Pd, menjadi guru kreatif saja tidak cukup tapi juga harus efektif. Selain itu, guru juga harus mempunyai nilai kehidupan agar menjadi contoh yang baik bagi siswa.

Hasil gambar untuk mengajar kreatif
Gambar Ilustrasi

Meski saat ini metode mengajar kreatif banyak diterapkan di sekolah-sekolah, tapi guru tidak bisa begitu saja menerapkan cara kreatif tanpa perencanaan terlebih dulu.

"Guru harus punya kekuatan. Ada lima kekuatan yang bisa kita tiru untuk memaksimalkan kreativitas," kata Sigit saat acara Workshop Mengajar Kreatif-Efektif yang digelar Sukawu.com di Kampus Pascasarjana  Universitas Indonesia, Jakarta, Selasa, 24 Januari 2017.

Kekuatan yang pertama, jelas Sigit, adalah kekuatan paksaan. Guru punya kekuatan ini untuk memberlakukan hukuman pada siswa. Kedua kekuatan legitimasi atau formal yang terlihat dari kartu identitas dan seragam yang dikenakan guru.

Kekuatan selanjutnya adalah referent atau menguatkan hubungan baik. Kekuatan ini, menurut penelitian yang dilakukan Sigit, bisa diberlakukan untuk kelas 7-12.

Kemudian kekuatan expert atau kekuatan ahli yang terbukti dari pengalaman. Dan terakhir, kemampuan reward atau memberikan hadiah.

"Kalau siswa sudah dihukum berkali-kali tapi tidak berubah, mungkin jika menggunakan pujian dia bisa langsung berubah. Hadiah tidak selalu harus berbentuk barang, tapi juga bisa pujian," kata Sigit.
(Sumber : viva.co.id)

Download Aplikasi Guru PGRI di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terbaru Seputar Pendidikan dan Profesi Keguruan Setiap Hari, Silakan Instal Aplikasinya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.FalconApp.AplikasiGuru


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.berita-bukanhoax.blogspot.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

COMMENTS

Nama

BERITA GURU TERKINI BERITA PENDIDIKAN TERBARU BERITA TERKINI GAJI PNS GURU BERKUALITAS GURU YANG BAIK INFO GAJI PNS INFO GTK TERBARU INFO HONORER K2 INFO LOWONGAN KERJA INFO PNS TERBARU INFO SERTIFIKASI GURU INFO TPG TERBARU INFO TUNJANGAN GURU INFO TUNJANGAN PNS INFO UKG 2016 News Pengetahuan PERANGKAT GURU Tips & Trik
false
ltr
item
Bukan Hoax: Berita Pendidikan - LIMA CARA MEWUJUDKAN METODE MENGAJAR KREATIF MENURUT PRAKTISI PENDIDIKAN - Bukan Hoax
Berita Pendidikan - LIMA CARA MEWUJUDKAN METODE MENGAJAR KREATIF MENURUT PRAKTISI PENDIDIKAN - Bukan Hoax
http://www.pikiran-rakyat.com/sites/files/public/styles/medium/public/image/2015/06/100615usaid.jpg?itok=J7ty3Rlb
Bukan Hoax
https://berita-bukanhoax.blogspot.com/2017/01/berita-pendidikan-lima-cara-mewujudkan.html
https://berita-bukanhoax.blogspot.com/
http://berita-bukanhoax.blogspot.com/
http://berita-bukanhoax.blogspot.com/2017/01/berita-pendidikan-lima-cara-mewujudkan.html
true
2601432282853789712
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy