Berita Pendidikan - GAJI PNS DI DAERAH TELAT, KEMENKEU KLAIM TELAH MENYALURKAN DANA TEPAT WAKTU - Bukan Hoax

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh Selamat Malam Bukan Hoax Blog - Keterlambatan pembayaran gaji PNS di awal Tahun 2017 ini masih...

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Malam

Bukan Hoax Blog - Keterlambatan pembayaran gaji PNS di awal Tahun 2017 ini masih terus menjadi topik pembahasan diberbagai media-media pemberitaan online saat ini. Kapan akan dibayarkan...? Kenapa bisa terlambat...?

Pemerintah pusat menegaskan telah menyalurkan Dana Alokasi Umum (DAU) secara tepat waktu sebelum berakhirnya tahun anggaran 2017. Artinya, bila DAU sudah disalurkan tepat waktu, maka pemenuhan pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah bisa dilakukan tepat waktu juga.

Hasil gambar untuk menkeu sri mulyani dan gaji pns
Gambar Ilustrasi

Di sejumlah daerah seperti Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dilaporkan ribuan PNS masih menunggu pembayaran gaji mereka. Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono menjelaskan, pembayaran gaji PNS di daerah sebetulnya sepenuhnya menggunakan mekanisme Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Baca juga berita lainya :

Dengan begitu, keterlembatan gaji PNS di sejumlah daerah menjadi bahan pembelajaran bagi pemerintah daerah dalam menjalankan anggarannya. Marwanto menegaskan, pemerintah pusat secara tepat waktu sudah menuntaskan penyaluran DAU untuk daerah. 

"Mohon dicek lagi, gaji yang telat dialami PNS Pusat atau PNS Daerah di beberapa Pemda? Untuk PNS Pusat dari pantauan kami, telah dilakukan pembayaran yang dilaksanakan melalui APBN. Sedangkan untuk gaji PNS daerah, pembayaranya dilaksanakan oleh masing-masing daerah melalui mekanisme APBD," jelas Marwanto, Kamis (5/1). 

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menekankan bahwa rencana penundaan transfer ke daerah pada tahun lalu urung dilakukan pemerintah dengan melunasi penyaluran DAU. Terlebih, dana transfer ke daerah sepanjang 2016 lalu tercatat Rp 125 triliun lebih tinggi dibanding penganggaran di tahun 2015. Salah satu alasannya, diharapkan pemerintah daerah memiliki kewenangan lebih besar untuk melakukan pembangunan infrastruktur di daerah. 

"Dana perimbangan, terutama DAU. DAU naik tajam karena perhitungan pendapatan nettonya sesuai asumsi APBNP. Kalau dihitung betul-betul, seharusnya lebih rendah. DAU yang harusnya kami tunda 4 bulan sudah kami bayarkan seluruhnya. Maka daerah alami positif transfer dari pusat," ujar Sri. 

Sementara itu, Direktur Center of Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai bahwa keterlambatan gaji PNS yang terjadi di awal 2017 ini bisa disebabkan dua hal. Pertama, lantaran telatnya kiriman dana ke daerah dari pusat atau pengurusan di daerah yang lambat.

Namun, pada prinsipnya Uchok meminta Kementerian Keuangan untuk secara tegas menginstruksikan daerah agar bisa merealisasikan belanja pegawai secara tepat waktu. Menurutnya, bila di level pusat manajemen anggaran sudah dioptimalkan, maka di daerah juga harus mengikuti ritmenya. 

"Kalau PNS kan bentuknya dana DAU ya. Itu dana transfer ke kemenkeu kepada daerah. Ada dua kemungkinan, ada keterlambatan dari Kemenkeu sehingga telat atau sudah dikirim tapi belum dikasih. Nah, kalau pusat klaim sudah dikirim tepat waktu, pilihannya adalah pusat harus tegas kepada daerah ke depannya agar bisa tepat waktu," ujar Uchok. 
(Sumber : republika)

Download Aplikasi Guru di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terbaru Seputar Pendidikan dan Profesi Keguruan Setiap Hari, Silakan Instal Aplikasinya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.FalconApp.AplikasiGuru


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.berita-bukanhoax.blogspot.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

COMMENTS

Nama

BERITA GURU TERKINI BERITA PENDIDIKAN TERBARU BERITA TERKINI GAJI PNS GURU BERKUALITAS GURU YANG BAIK INFO GAJI PNS INFO GTK TERBARU INFO HONORER K2 INFO LOWONGAN KERJA INFO PNS TERBARU INFO SERTIFIKASI GURU INFO TPG TERBARU INFO TUNJANGAN GURU INFO TUNJANGAN PNS INFO UKG 2016 News Pengetahuan PERANGKAT GURU Tips & Trik
false
ltr
item
Bukan Hoax: Berita Pendidikan - GAJI PNS DI DAERAH TELAT, KEMENKEU KLAIM TELAH MENYALURKAN DANA TEPAT WAKTU - Bukan Hoax
Berita Pendidikan - GAJI PNS DI DAERAH TELAT, KEMENKEU KLAIM TELAH MENYALURKAN DANA TEPAT WAKTU - Bukan Hoax
http://www.jabarpublisher.com/wp-content/uploads/2016/09/DAUMU-620x330.jpg
Bukan Hoax
https://berita-bukanhoax.blogspot.com/2017/01/berita-pendidikan-gaji-pns-di-daerah.html
https://berita-bukanhoax.blogspot.com/
http://berita-bukanhoax.blogspot.com/
http://berita-bukanhoax.blogspot.com/2017/01/berita-pendidikan-gaji-pns-di-daerah.html
true
2601432282853789712
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy